Apa itu Persalinan normal??

Persalinan merupakan proses alamiah dalam kehidupan, ketika ibu hamil telah mengandung selama 37 sampai 42 minggu maka hal fisiologis (normal) selanjutnya adalah proses persalinan yakni pengeluaran hasil konsepsi (dalam hal ini adalah janin dan uri) yang dapat hidup ke dunia luar dari rahim melalui jalan lahir atau dengan jalan lain. Persalinan dikatakan normal jika suatu proses pengeluaran janin yang terjadi pada kehamilan cukup bulan (37-42 minggu) lahir spontan, dengan presentasi belakang kepala yang berlangsung dalam waktu 18 jam tanpa komplikasi pada ibu maupun janin.

 BAGAIMANA PERSALINAN BISA TERJADI??

Mungkin sering terpikir kenapa bisa terjadi persalinan yang waktunya 37 sampai 42 minggu (cukup bulan), kenapa bisa hasil konsepsi lahir dan terjadi persalinan? Ada banyak teori yang menyatakan kemungkinan persalinan  antara lain:

A. Teori keregangan

  1. Otot rahim mempunyai kemampuan meregang dalam batas tertentu.
  2. Setelah melewati batas tersebut terjadi kontraksi sehingga persalinan dapat  mulai. Contohnya, pada hamil ganda sering terjadi kontraksi setelah keregangan tertentu, sehingga menimbulkan proses persalinan.

B. Teori penurunan progesteron

  1. Proses penurunan plasenta terjadi mulai umur hamil 28 minggu, dimana terjadi penimbunan jaringan ikat, pembuluh darah mengalami penyempitan dan buntu.
  2. Produksi progesteron mengalami penurunan, sehingga otot rahim lebih sensitif terhadap oksitosin.
  3. Akibatnya otot rahim mulai berkontraksi setelah tercapai tingkat penurunan progesteron tertentu.

C. Teori oksitosin internal

  1. Oksitosin dikeluarkan oleh kelenjar hipofisis parsi posterior.
  2. Perubahan keseimbangan estrogen dan progesteron dapat mengubah sensitivitas otot rahim, sehingga sering terjadi kontraksi Braxton Hicks.
  3. Menurunnya konsentrasi progesteron akibat tuanya kehamilan maka oksitosin dapat meningkatkan aktivitas, sehingga persalinan dapat mulai.

D. Teori prostaglandin

  1. Konsentrasi prostaglandin meningkatkan sejak umur kehamilan 15 minggu, yang dikeluarkan oleh desidua.
  2. Pemberian prostaglandin saat hamil dapat menimbulkan kontraksi sehingga hasil konsepsi dikeluarkan.
  3. Prostaglandin dianggap dapat merupakan pemicu terjadinya persalinan.

E. Teori Hipotalamus-Pituitari dan Glandula Suprarenalis

  1. Teori ini menunjukkan pada kehamilan dengan anensefalus sering terjadi keterlambatan persalinan karena tidak berbentuk hipotalamus.
  2. Pemberian kortikosteroid yang dapat menyebabkan maturitas janin, induksi (mulainya) persalinan.
  3. Dari percobaan tersebut disimpulkan ada hubungan antara hipotalamus pituitari dengan mulainya persalinan.
  4. Glandula suprarenal merupakan pemicu terjadinya persalinan

Dari teori-teori diatas, jelas bahwa teori-teori tersebut mengatakan ada banyak perubahan dari tubuh ibu hamil. Tuhan telah mengatur tubuh wanita dengan luar biasa. dan ini alamiah, semua perubahan-perubahan ini akan terjadi pada semua ibu hamil sehingga terjadilah proses persalinan. Jadi apalagi yang anda takutkan kan dengan persalinan? terlebih lagi perkembangan ilmu kesehatan sekarang sudah cukup maju. Dengan melakukan pemeriksaan kehamilan sesuai anjuran , serta dengan pendampingan bidan saat proses persalinan, maka proses persalinan insyaallah akan semakin lancar. Proses kehamilan dan persalinan sangat berhubungan, semakin baik anda merawat kehamilan anda dengan memenuhi standar dan anjuran bidan maka niscaya persalinan anda pun semakin aman dan angka kematian ibu serta bayi dapat dihindari.

sebagian besar Wanita memang sudah secara ALAMIAH akan merasakan hal  ini, karena sekali lagi ini ALAMIAH. beruntunglah wanita yang merasakan nikmatnya bersalin :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s